Belajar Jasa SEO Blog Dan Website

Kamis, 10 Juli 2014

Prospek Usaha Bengkel Las

Endang Sutisna

Bengkel Las Peluang usaha yang lumayan menjanjikan, prospek yang bagus untuk masa depan, kenapa ? karena pesatnya pembangunan daerah dan pembangunan perumahan yang terus meningkat, hampir rata di semua wilayah kota besar di Indonesia, jadi semakin pesat pembangunan perumahan maka semakin banyak peluang pemesanan produk bengkel las, ini adalah kesempatan bagi anda yang ingin mencoba berwirausaha, yang masih bingung ingin membuka usaha apa. Ini usaha bengkel las saya di Tangerang Selatan, silahkan kunjungi website saya :

Pada prinsipnya semua usaha itu sama, memerlukan modal, baik modal berupa materi atau modal percaya diri untuk memulai berwirausaha, modal materi berupa modal aktif dan modal pasif, modal aktif adalah modal berjalan untuk membeli bahan baku ketika anda sedang mengerjakan pesanan, dan modal pasif adalah modal mati yang di gunakan untuk membeli alat-alat, dan modal percaya diri adalah modal mental diri anda sebagai wirausaha yang akan banyak melalui kerikil tajam yang akan anda temui di perjalan ketika anda akan melangkahkan kaki anda dalam bidang wirausaha, jadi materi dan percaya diri sangat penting anda miliki.

Untuk memulai usaha bengkel las sangat mudah dan murah modalnya, mudahnya anda bisa memulai usaha ini dengan waktu yang cepat, cepat mempelajari ilmunya, yang paling terpenting adalah kepercayaan diri anda, saya akan berbagi bagaimana cara membuat usaha bengkel las, ini adalah pengalaman pribadi saya ketika memutuskan keluar sekolah SMK dan bergelut di bidang bengkel las dengan modal yang relatif sedikit. Dan sampai sekarang masih berjalan walaupun saya sudah tidak lagi menjalankan secara pribadi. Dulu saya memulai usaha bengkel las tanpa modal, karena jujur saya memang dulu tidak punya modal, cara membuka usaha bengkel las tanpa modal nanti saya akan share untuk anda di akhir artikel ini.

Sebelum anda mengeluarkan modal awal yang akan di keluarkan untuk memulai usaha bengkel las, maka anda harus tahu dulu di gunakan untuk apa saja modal yang anda punya, ini mengantisipasi agar modal yang mungkin pas-pasan agar cukup untuk memulai usaha bengkel las ini. Dan tepat sasaran, kaya penyaluran RASKIN aja tepat sasaran...hehehe, guyon agar anda rilex tidak terlalu tegang santai tapi srius. Modal anda akan di gunakan untuk menyewa tempat usaha anda dan membeli alat - alat yang di butuhkan. Berikut rincian alatnya, klik setiap alat untuk mengetahui jenis alat dan harganya :
  • Mesin Trafo Las + kabel dan stang las
  • Mesin Gerinda Tangan
  • Mesin Bor
  • Mesin Gerinda Cutting 14"
  • Kabel minimal 20m
  • Gunting Plat
  • Gunting besi beton
  • Mesin Kompresor
  • Palu
  • Alat ukur meteran
  • Peralatan kunci dan obeng
Itu adalah alat dasar yang di perlukan untuk awal membuka usaha bengkel las, ada pun berapa jumlah alat yang di butuhkan untuk awal usaha ini adalah cukup satu alat dari masing - masing item itu, tak perlu banyak, kecuali dengan berjalanya waktu dan semakin banyak order yang anda terima semakin perlu banyak tenaga kerja yang anda butuhkan maka di saat itulah di perlukan penambahan alat untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Perkiraan jumlah dana yang anda butuhkan untuk membeli alat tersebut adalah Rp. 6.000.000, itu saya ambil dari harga alat standar yang sering banyak di gunakan oleh bengkel las, karena alat beda merk beda harga, tapi dengan uang tersebut anda sudah cukup bisa membeli alat yang bagus.

Lalu setelah alat anda juga harus mengeluarkan dana untuk menyewa tempat usaha, anda bisa menyewa di Ruko atau rumah biasa,  harga setiap sewa ruko pasti berbeda-beda tergantung tempat, contoh apabila harga sewa ruko Rp. 10.000.000 maka anda harus persiapkan dananya. tempat memang sangat pengaruh sekali untuk bengkel las, usahakan bengkel las anda berada di jalan raya utama dan ramai dekat perumahan, tapi mungkin harga nya juga tidak murah lagi.

Total modal awal yang anda butuhkan untuk membeli alat dan sewa tempat adalah kurang lebih Rp. 20jt, ini bisa kurang atau lebih tergantung berapa nominal untuk sewa tempatnya. Kemudian modal aktif yang anda butuhkan antara 5 - 20 jt itu sudah cukup, biasanya nanti akan terbantu dari dana panjer konsumen, biasanya saya meminta DP ke konsumen minimal 35% - 50%, jadi bisa saya simpulkan modal anda yang anda buthkan adalah kurang lebih 25jt sampai 40jt, besar ya ?

Selanjutnya Baca Artikel : 
















0 komentar:

Posting Komentar