Belajar Jasa SEO Blog Dan Website

Senin, 21 Juli 2014

Daftar Istilah Ilmiah islam

Endang Sutisna

Daftar Istilah Ilmiah dalam Islam menjadi bahasa yang agak susah pada saat ini, terutama bagi saya,  karena jarang sekali yang mengetahui dan mengajarkanya, hanya dari kalangan tertentu seperti ; para santri dan para pelajar yang bersekolah dengan pelajaran Islam. Saya akan menulis daftar istilah ini dengan di latar belakangi pengetahuan saya yang kurang dengan istilah ini, tak sengaja saya sedang membaca buku baru di depanya ada daftar istilah ini, langsung saja saya tulis di blog ini agar mudah di ingat atau semoga berguna juga bagi anda yang ingin mengetahui daftar istilah islam ini. Silahkan di simak semoga di fahami.

Daftar Istilah Ilmiah 1 :
  • Ahlul Haq :  Orang-orang yang mengikuti dan berpegang teguh kepada kebenaran.
  • Al- 'Adalah : Potensi ( baik ) yang dapat membawa pemiliknya kepada taqwa, dan ( menyebabkan mampu ) menghindari hal-hal tercela dan segala hal yang dapat merusak nama baik dalam pandangan orang banyak. Predikat ini diraih seseorang dengan syarat-syarat : Islam, baligh, berakal sehat, taqwa, dan meninggalkan hal-hal yang merusak nama baik. Dalam definisi lain, rawi yang adil ialah: yang meninggalkan dosa-dosa besar dan tidak terus-menerus melakukan dosa-dosa kecil.
  • Al-'Allamah : Gelar bagi seorang ulama yang memiliki murid-murid yang juga menjadi ulama.
  • Al-Hafizh : Seorang ulama yang mempelajari hadist dan berbagi ilmu yang berkenaan dengannya, dimana yang dia ketahui berupa hadist-hadist dan illat-illatnya lebih banyak daripada yang tidak di ketahui. Adapula yang mengatakan bahwa dia adalah orang yang menghafal dan memahami satu juta hadist. Al-hafizh lebih tinggi derajatnya daripada Al-muhaddist.
  •  Al-Jarh wa at-Ta'dil : Al-jarh adalah celaan atau kritik yang di alamatkan kepada rawi hadist yang dapat mengganggu ( atau bahkan menghilangkan ) bobot predikat "al-Adalah" dan "hafalan yang bagus", dari dirinya, dan at-Ta'dil adalah pernyataan adanya al-'Adalah dan Hafalan yang bagus" pada seorang rawi hadist.
  •  Al-Muhaddits : Seorang ulama yang menyibukan diri dengan mempelajari hadist-hadist Nabi SAW, baik secara ilmu riwayat maupun dirayat, serta mengetahui mayoritas para rawi dan riwayat-riwayat beserta kondisinya.
  • Al-Wahinah : Secara bahasa adalah kelemahan, namun yang di maksud disini adalah suatu penyakit  yang menyarang lengan seseorang. Penayakit ini hanya menyerang kaum laki-laki dan tidak menyerang kaum wanita.
  • Amil ( zakat ) : Orang yang bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
  • An'anah : Menyampaikan hadits kepada perawi lain dengan lafazh ;  'an ( dari ) yang menisyaratkan bahwa dia tidak mendegar langsung dari syaikhnya. Ini menjadi illat suatu sanad hadits apabila di gunakan oleh seorang perawi yang mudallis.
  • Ashhab as-sunan : Para penulis kitab -kitab sunan, yaitu Imam at-Tirmidzi, Imam Nasa'i, Imam Abu Dawud, dan Imam Ibnu Majah
  • As-Shahihain : Dua kitab shahih yaitu : Shahi Al-Bukhari dan Shahih Muslim
  • Asy'ariyah/ Asya'irah : Orang-orang yang menisbatkan diri kepada Abu al-Hasan al-Asy'ari ra, yaitu Ali bin Isma'il al-Asy'ari, wafat 330 H. Beliau telah mengalami tiga fase dalam akidah: sebagai mu'tazilah selama 40 tahun, kemudian fase antara madzhab mu'tazilah dengan Ahlus Sunnah, baru kemudian beliau berakidah as-Salaf ash-Shalih, yang beliau nyatakan dalam kitabnya yang terakhir, al-Ibanah. Di dalam kitab tersebut beliau menjelaskan bahwa beliau berkeyakinan seperti akidah imam Ahlus Sunnah, Imam Ahmad bin Hanbal, dan Imam lainnya, yaitu menetapkan nam-nama dan sifat-sifat yang di trtapkan Allah untuk DiriNya dan di tetapkan Rasulullah SAW untukNya, sesuai sengan keagungan dan kebesaraNya, tnpa takyif, tamsil, tahrif, atau ta'wil. Dan orang-oarang yang menisbatkan diri kepada beliau (al-Asya'irah ) tersebut tetap pada akidah beliau sebelum berpindah kepada akidah ahlus sunnah waljamaah, yaitu keyakinan beliau pada tahap kedua
  • Asy-Syaikhain : Imam al- Bukhari dan Imam Muslim
  • Atsar : Artinya adalah riwayat. Lebih sering di gunakan untuk riwayat yang berasal dari para sahabat, tidak sampai kepada Nabi SAW. Namun terkadang juga bermakna sama dengan hadits      
>>>>>>>>>>> Dilanjut Bacanya <<<<<<<<<<

0 komentar:

Posting Komentar